KPU Inhil Laksanakan Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Triwulan I Januari - Maret 2022 

KILASRIAU.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Inhil melaksanakan rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan triwulan I Januari, Februari dan Maret 2022 KPU Kabupaten Inhil di Aula KPU, Rabu (30/03/22).

 

Ketua KPU Kabupaten Inhil Herdian Azmi mengatakan kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan tetapi dalam 1 kali 3 bulan dengan mengikutkan partai politik dan stecholder terkait agar data pemilih setiap waktu ter update baik mengeluarkan yang sudah meninggal dunia, pindah tempat tinggal dan mendata pemilih pemula atau baru.

 

"Hari ini KPU bekerjasama dengan Pemda dengan menyurati para Camat, Lurah serta Kepala Desa untuk melaporkan perubahan data dalam masyarakat agar di KPU dapat dengan segera memperbaharui datanya. Karena kita baru mendapatkan 50 persen data dari Desa yang sudah dilaporkan secara utuh. Untuk itulah sangat dibutuhkan kerjasama serta dukungan semua pihak," kata Azmi.

 

Kemudian, Ketua KPU Kabupaten Inhil Herdian Azmi memberikan apresiasai atas partisipasi terhadap kepala Desa, camat serta Bawaslu yang selalu memantau kegiatan yang telah dilakukan. Begitu juga kepada Partai politik yang sudah berkontribusi dalam mendukung pemurakhiran data.

 

"Intinya memutakhirkan daftar pemilih yaitu mengeluarkan pemilih yang sudah meninggal dunia atau pindah penduduk atau menjadi TNI- Polri dan memasukkan pemilih baru termasuk TNI-Polri yang sudah masuk pensiunan. Setiap penetapan daftar pilih sekali 3 bulan kami melaporkan dan mengumumkan kepada media agar mendapat respon serta tanggapan dari masyarakat. KPU telah menerbitkan peraturan KPU no 6 2021 mengenai daftar pemilih sehingga menjadi dasar hukum yang kuat dalam menentukan pemilih," jelasnya. 

 

"Untuk itu, diharapkan agar partai politik non parlemen serta partai politik baru agar segera mendaftardiri ke Kesbangpol sebelum mendaftar ke KPU. Adapun rekapitulasi data pemilih berkelanjutan maret 2022 yaitu, Pemilih laki-laki 239.675 orang, Pemilih perempuan 225.211 orang dengan total 464.886 pemilih," tambahnya. 

 

 

Dalam pelaksanaan ini juga dihadiri Ketua KPU Kab. Inhil Herdian Azmi, Dandim 0314/Inhil diwakili Pelda Sriwahyono, Kapolres Inhil diwakili Kabag Ops Kompol Rizki Hidayat, Sekrt KPU Sdr. Hamsani, Ketua Bawaslu Kab. Inhil diwakili Rois Habil, Tenaga ahli statistik Ahmad Isya, Perwakilan Disduk Capil Kab. Inhil Nursal, Perwakilan Dinas PMD Kab. Inhil Sdri. SY. Shelly R.A, Perwakilan Diskominfo Sdr. Riad Rahim, Perwakilan Kesbangpol Kab. Inhil Sdr. Muhibbuddin, Perwakilan Bag Tapem Sdr. Eko Yusni Ardianto, Perwakilan Partai politik peserta pemilu tahun 2019 dan partai politik baru.

 






Tulis Komentar